Batik tulis  adalah teknik membatik yang digunakan secara manual menggunakan tangan dengan alat bantu canting untuk menerakan malam atau lilin pada corak batiknya. Dan Cara pembuatan batik dengan melukiskan sebuah pola pada kain dengan memakai tangan, alat-alat yang diperlukan antara lain adalah Canting, Gawangan, Wajan, kauli, Anglo, Tipas/ Tepas. Pembuatan batik tulis ini memerlukan kesabaran dan ketelitian yang tinggi karena setiap titik dalam motif berpengaruh pada hasil akhirnya. Motif yang dihasilkan dengan batik tulis tidak akan sama persis. Kerumitan ini yang menyebabkan harga batik tulis relatif mahal. Jenis batik tulis biasa dipakai raja, pembesar keraton, serta para bangsawan sebagai simbol kemewahan.

Dalam batik tulis terdapat beberapa jenis corak yang memiliki aturan dalam penggunaannya. Corak – corak tersebut memiliki makna nya sendiri yang telah turun temurun dari leluhur. Corak – corak apa saja yang ada pada batik tulis yang perlu anda ketahui? Berikut ini kami berikan ulasannya.

  1. Corak Utama. adalah ornamen unsur pokok yang sering digunakan menjadi nama batik yang dibuat. Corak utama adalah penghayatan pembatik terhadap alam pikiran serta falsafah yang dianutnya. Bagian ini adalah ungkapan perlambangan atau biasanya menjadi nama kain.
  2. Isen-isen. Isen-isen adalah corak tambahan. Corak ini cuma sebagai pengisi latar kain khususnya pada bidang kosong di sela-sela corak utama. Umumnya isen-isen hanya berukuran kecil dan dibuat sesudah corak utama selesai digambar. Corak isen-isen mempunyai nama tersendiri untuk setiap macamnya.
  3. Corak Pinggir. Corak pinggir kain atau pinggiran biasanya dijumpai pada kain-kain panjang batik pesisir dan kain sarung. Pada kedua jenis kain ini pinggiran terletak pada sisi yang memanjang kain. Seperti juga corak utama dan isen-isen ini, corak pinggir hadir dalam aneka macam bentuk.
  4. Corak-corak Larangan. Pada batik keraton terdapat corak-corak tertentu yang khusus diperuntukkan bagi kalangan raja dan kerabatnya saja. Corak-corak ini biasa disebut corak larangan. Artinya, masyarakat umum yang bukan keturunan ningrat tidak diperbolehkan mengenakannya.

Beli Baju Batik dan kain batik berkualitas dengan harga terjangkau di https://batik-s128.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *