Untuk menjadi pengguna sepeda motor, Anda harus terlebih dahulu memahami jenis suku cadang sepeda motor dan kegunaannya. Namun, masih banyak yang tidak memahami hal ini. Apa suku cadang otomotif? Menurut Trijaya Part Motor suku cadang adalah barang yang terdiri dari beberapa komponen yang membentuk satu kesatuan dan memiliki fungsi tertentu untuk setiap alat berat. Jika belum paham, mari belajar bersama mulai dari standar.

Jenis suku cadang otomotif

Ban

Ban merupakan komponen penting dalam sebuah sepeda motor karena ban merupakan bagian tengah dari sebuah sepeda motor. Jika tidak ada ban, tentunya motor tidak bisa balapan.

Di pasaran ban terbagi menjadi dua jenis, yaitu ban biasa yang membutuhkan ban dalam dan ban ban dalam. Jika Anda membeli ban berkualitas tinggi dan memiliki umur 1-2 tahun, lebih baik Anda menghabiskan jangka waktu tersebut segera menggantinya dengan ban baru.

Aki sepeda motor

Baterai juga merupakan komponen penting dalam mesin dan harus diperhatikan. Usahakan untuk selalu mengecek aki secara rutin, karena aki berperan sebagai sumber tenaga untuk menghidupkan mesin dan sebagai tenaga cadangan untuk kebutuhan mesin dan aksesoris kelistrikan pada mesin.

Oli

Oli juga merupakan komponen penting pada mesin karena oli berfungsi sebagai pelumas pada mesin. Jika oli pelumas tidak layak pakai, pasti akan merusak mesin, apalagi jika mesin motor dipakai untuk perjalanan yang jauh. Mesin rusak dan macet serta dapat merusak komponen lainnya. Jadi coba ganti oli setidaknya sebulan sekali.

Kampas rem dan tali rem

Rem adalah hal terpenting dalam mengendarai sepeda motor dan mobil. Fungsi rem untuk mengontrol kecepatan kendaraan, jika sepeda motor tidak dilengkapi rem pasti banyak terjadi kecelakaan.

Lampu

Sekarang pencahayaan sudah menjadi komponen penting dalam berkendara. Karena saat ini sudah ada aturan untuk selalu menyalakan lampu saat berkendara bahkan di siang hari. Lampu juga berhubungan dengan baterai, jika cahaya terang berarti baterai dalam kondisi optimal.

Apa saja jenis dan fungsi suku cadang mesin?

Rantai

Bagi yang punya rantai motor, itu adalah komponen penting. Jika rantai tidak memiliki roda, maka rantai tidak dapat berputar. Jadi periksalah rantai motor Anda setiap hari agar tidak putus menjadi dua.

Busi

Hal yang sama berlaku untuk ban, rantai, dan baterai. Tanpa busa, mesin tidak bisa digunakan. Busi bekerja seperti korek api sehingga busi dapat membakar bahan bakar dan mesin dapat bekerja. Sebaiknya berikan penggantian steker jika terjadi masalah selama proses tersebut.

Tali gas

Komponen ini juga menjadi bagian terpenting, jika kabel gas macet atau putus selama perjalanan dapat mengganggu dan akan sangat berbahaya karena dapat membuat mesin menjadi tidak terkendali. Tali gas harus dirawat secara teratur agar Anda tahu apakah tali gas itu bagus atau tidak.

Agar spare part selalu aman tentu Paket Bengkel Motor dari Trijaya adalah solusi terbaik untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *