Menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim adalah menutup aurat. Menutup aurat bagi umat muslim merupakan amal dan ibadah. Ternyata yang diwajibkan menutup aurat tidak hanya wanita muslim saja, tetapi juga para pria muslim. Baju koko merupakan salah satu jenis baju muslim pria yang diminati.Baju koko ini tidak hanya dapat dikenakan saat akan menghadiri acara acara keagamaan saja, tetapi para pria juga dapat mengenakannya saat akan menghadiri acara formal ataupun informal lainnya.

Yang perlu diketahui adalah saat memilih busana muslim pria tidak boleh dilakukan sembarangan. Para pria juga tidak boleh ketinggalan dalam penampilan saat mengenakan busana muslim yang modis. Karena adanya beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Untuk mendapatkan busana muslim pria yang paling tepat dikenakan, berikut dibawah ini beberapa tips yang bisa diikuti seperti :

  1. Tidak Transparan Dan Menutup Aurat

Saat memilih busana muslim, sangat disarankan memilih dari bahan kain yang tidak terlalu tipis atau transparan. Pastinya hal tersebut untuk menjaga tujuan utama dari busana yaitu menutup aurat. Tetapi yang paling penting adalah memilih busana muslim yang dapat menutup aurat pria yaitu mulai dari pusar hingga lutut.

  1. Padukan Dengan Bawahan

Mengenakan busana muslim bukan berarti para pria tidak bisa tampil modis. Dengan memperhatikan estetika dari penampilan, maka baju muslimmu dapat dipadukan dengan celana modern. Sebagai paduannya, tidak harus selalu mengenakan celana kain karena dapat juga mengenakan celana jeans. Saat menghadiri acara formal, dapat memilih celana kain yang serasi dengan baju muslim yang dikenakan. Tetapi yang perlu diingat, pemilihan celana yang akan dipadukan dengan baju koko ini jangan sampai melupakan fungsi utamanya sebagai penutup aurat.

  1. Memilih Baju Dengan Ukuran Yang Pas

Pastikan juga baju muslim yang dipilih, ukurannya itu sesuai dengan ukuran badan. Karena saat mengenakan baju yang terlalu lebar atau kebesaran, akan membuat tubuhmu terlihat “tenggelam”.

  1. Memilih Sesuai Kebutuhan

Pastikan juga pakaian yang akan dikenakan itu disesuaikan dengan agenda yang diikuti. Apakah hanya untuk acara santai harian ataupun acara formal? Hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan bahan pakaianmu supaya selama beraktivitas kamu tetap merasa nyaman.

  1. Pemilihan Model Dan Warna Baju

Pastikan juga memilih model baju yang sesuai dengan bentuk tubuh, karena jika tidak sesuai, nantinya dapat memberi kesan tubuh terlihat pendek atau lebih gemuk. Dan yang tidak kalah penting dan harus diperhatikan adalah pemilihan warna. Pilihlah baju muslim dengan warna warna yang lembut atau netral untuk menonjolkan kesan maskulin, modern, serta stylish.

  1. Larangan Memakai Sutera Dan Emas

Dalam hal berpakaian yang sesuai dengan ajaran Islam, seorang pria diharamkan mengenakan busana yang terbuat dari bahan sutra dan memakai emas. Oleh karena itu pilihlah pakaian yang tidak berbahan sutra ataupun yang mengenakan emas.

  1. Tidak Menyerupai Pakaian Lawan Jenis

Rasulullah SAW bersabda : “Allah melaknat wanita yang menyerupai laki laki, dan laki laki yang menyerupai wanita.” (HR. Bukhari 5885). Jadi bagi para pria muslim pastikan tidak mengenakan pakaian yang menyerupai muslimah.

Dengan mengetahui tips memilih busana muslim pria yang paling tepat dikenakan, maka dipastikan para pria tidak akan salah dalam memilih busana muslim yang akan dikenakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *